Kamis, 29 November 2018

PROTOTIPE SISTEM SENSOR FINGERPRINT UNTUK MENGHIDUPKAN SEPEDAH MOTOR ARDUINO UNO

KULIAH KERJA PRAKTEK





Disusun Oleh :
Irfan Rustaman
1504030103



Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Teknik
Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
2018



PROTOTIPE SISTEM SENSOR FINGERPRINT UNTUK MENGHIDUPKAN SEPEDAH MOTOR ARDUINO UNO.
ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah membuat pemograman sistem keamanan sepeda motor dengan sistem sidik jari, sehingga dengan sistem ini diharapakan, sistem dapat mempersulit seseorang untuk menghidupkan kendaraannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi langsung dimana metode ini langsung mempraktekkan dan melihat refrensi dari buku, media elektronik maupun dari sumber sumber internet. Kemudian menggunakan metode perancangan untuk merancang sistem sesuai permasalahan yang ada, dan terakhir melakukan percobaan terhadap sistem itu.
Kata kunci: keamanan, finger print, sidikjari, password


KATA PENGANTAR
Puji Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah SWT atas nikmat serta karunia yang diberikan kepada penulis untuk menyelesaikan Tugas Kuliah Kerja Praktek. Tugas Kuliah Kerja Praktek yang berjudul  Prototipe Sistem Sensor Fingerprint Untuk Menghidupkan Sepedah Motor Arduino Uno.” disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan guna meraih gelar sarjana Komputer pada Program Studi Teknik Informatika Uniersitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Tugas ini tidak dapat diselesaikan tanpa bantuan, dukungan, serta bimbingan beberapa pihak. Penulis megucapkan terimakasih kepada:
1.      Bapak Prof. Dr. H. Mustofa Kamil, Dipl., M.Pd : Sebagai Rektor UNIS Tangerang.
2.      Ibu Hj. Dine Agustine M.Si., selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang yang telah memberikan kelancaran pelayanan dalam urusan akademik.
3.      Bapak Djamaludin S.Kom,.M.Kom selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang yang telah memberikan kelancaran pelayanan dalam urusan akademik.
4.      Bapak Djamaludin S.Kom,.M.Kom selaku dosen mata kuliah Kerja Praktek yang telah memberikan arahan, motivasi, serta dukungan akademik kepada penulis serta sabar memberikan bimbingan dan masukan dalam penyusunan tugas Kuliah Kerja Praktek ini.
5.      Seluruh dosen Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang yang telah memberikan ilmu kepada penulis.
6.      Orangtua dan keluarga yang telah memberikan do’a, dukungan, serta semangat kepada penulis.
7.      Teman- Teman Seperjuangan Teknik Informatika 2014 dan Seluruh pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan dan motivasi kepada penulis.

Penulis menyadari adanya ketidak ketelitian, kekurangan, dan kesalahan dalam penulisan Tugas Laporan Kuliah Kerja Praktek ini. Oleh karena itu, penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membangun. Semoga penulisan tugas Kuliah Kerja Praktek ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan pihak yang terkait.
Tangerang,  2018
Penulis


Irfan Rustaman







BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat di zaman ini, sangat berpengaruh dalam berbagai kehidupan manusia. Hal ini terlihat dengan adanya berbagai kemudahan yang ditawarkan dan disediakan. Sehubungan dengan perkembangan dan kecanggihan teknologi itu, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang bermutu dan siap menghadapi kecanggihan teknologi tersebut, sehingga manusia tidak ketinggalan, atau dengan kata lain dapat memanfaatkan teknologi yang sudah ada.
Teknologi yang canggih bukan merupakan teknologi yang dibuat dengan biaya mahal, tetapi sebaliknya manusia menuntut tagar dapat menggunakan teknologi yang murah, memiliki kemudahan dalam menggunakannya guna memenuhi seluruh kebutuhan. Kebutuhan tersebut meliputi kehandalan, kecanggihan, kecepatan dan tentunya keamanan.Banyak sekali sekarang teknologi yang beredar di masyarakat tetapi masyarakat enggan menggunakannya karena harga yang diberikan sanyat mahal.Jikapun memiliki harga yang murah namun tingkat kehandalannya sangat kurang.
Untuk menjaga keamanan itu maka dibutuhkan suatu sistem pengamanan yang baik guna mencegah terjadinya pencurian.Untuk menjamin tingkat kerahasiaan tersebut dapat digunakan dengan berbagai variasi kombinasi kode, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengakses kode tersebut. Keseluruhan kodekode dapat diwujudkan dengan menggunakan kombinasi-kombinasi ciri ciri khusus yang dimiliki oleh sang pemilik terutama pada sidik jari, karena setiap sidik jari manusia unik. Untuk meningkatkan keamanan pada kendaraaan bermotor perlu ditambahkan dengan beberapa fitur seperti penggunaan sistem pengenalan sidik jari ditambah dengan kombinasi password.
Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merancang suatu sistem yang mampu mengatasi permasalahan tersebut dan sekaligus menjadi judul Tugas KKP (Kuliah Kerja Praktek), yaitu prototipe sistem sensor fingerprint untuk menghidupkan sepedah motor arduino uno. Ruang lingkup dalam penelitian ini akan dibahas adalah suatu sistem keamanan kendaraan bermotor beroda dua menggunakan sidik jari dengan batasan masalah adalah tidak membahas format apa yang digunakan untuk menyimpan hasil scan sidik jari pengguna, inputan sidik jari yang disimpan dalam database untuk tiap orang adalah 1 data, dan tidak membahas sistem kelistrikan pada motor secara mendetail.
1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang terdapat dalam latar belakang maka pada penelitian yang ditujukan untuk bagaimana merancang, mengaplikasikan dan mengontrol sistem miktronkontroler arduino uno untuk pengontrolan sistem Keamanan motor berbasis sidik jari.
1.3  Batasan Masalah
Batasan masalah yang digunakan dalam tugas KKP  ini adalah :
1.      Sensor keamanan yang digunakan yaitu menggunakan sensor sidik jari.
2.      Rangakaian Mikrokontroller yang di gunakan adalah mikrokontroller Arduino uno
3.      Bahasa program yang digunakan adalah Bahasa C.
1.4  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari dibuatnya alat ini adalah :
1.      Mengaplikasikan yaitu prototipe sistem sensor fingerprint untuk menghidupkan sepedah motor Arduino uno.
2.      Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang sistem kendali alat dan mengimplementasikan ilmu yang didapat selama kuliah agar lebih bermanfaat.

1.5  Metode Penulisan
Adapun metode penulisan yang digunakan dalam menyusun dan menganalisa proyek ini adalah:
1.      Studi literatur yang berhubungan dengan perancanangan dan pembuatan alat ini.
2.      Perencanaan dan pembuatan alat Merencanakan peralatan yang telah dirancang baik software maupun hardware.
3.      Pengujian alat Peralatan yang telah dibuat kemudian diuji apakah telah sesuai dengan yang telah direncanakan.
1.6  Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah penyusunan laporan, maka dalam hal ini penulis membagi dalam beberapa bab, serta memberikan gambaran secara garis besar isi dari tiap-tiap bab :
            BAB I : PENDAHULUAN
Bab ini berisikan latar belakang, pembatasan masalah, rumusan masalah, metode penelitian, serta sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini merupakan landasan teori yang membahas tentang teoriteori yang mendukung dalam penyelesaian masalah
BAB III : METODELOGI PENELITIAN
Meliputi metode, bahan alat, perancangan dan pengambilan data penelitian.
BAB IV : HASIL DAN ANALISA
Meliputi hasil penelitian aduino uno, finger print dan pembahasan
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Berisikan kesimpulan tentang hasil rancangan yang telah dibuat serta saran dalam pengembangan rancangan tersebut .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar